Penelitian Dosen

Kegiatan meneliti merupakan salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma¬†perguruan tinggi. Melalui penelitian, banyak hasil dan dampak yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, termasuk mengembangkan dunia pendidikan. Kewajiban lain seorang dosen adalah melaksanakan pengajaran di dalam kelas untuk menyampaikan materi-materi pelajaran dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap perkembangan keilmuan. Idealnya, materi pelajaran yang disampaikan adalah materi yang terkini (up to date) yang berasal dari hasil-hasil penelitian mutakhir. Sayangnya, tidak sedikit dosen yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memberikan pengajaran dan kekurangan waktu untuk melakukan penelitian. Melalui program ini, dosen dikondisikan untuk melakukan penelitian secara intensif dan terfokus dengan waktu yang cukup. Dengan demikian, kegiatan mengajar dan tugas tambahan lainnya harus diminimalkan untuk menghasilkan sebuah produk penelitian yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Produk yang dihasilkan ditujukan bagi pengembangan teori dan ilmu pengetahuan, dan pada gilirannya dapat mengangkat citra Akademi Maritim “Djadajat” di kalangan masyarakat nasional maupun internasional, sekaligus dapat membuka peluang kerjasama dengan lembaga-lembaga di dalam maupun luar negeri. Program Dosen Peneliti merupakan jenis penelitian dasar dan terapan yang pada hakikatnya dapat mencakup bidang ilmu manajemen.

Tujuan

  1. mendorong dosen/peneliti melakukan penelitian secara intensif pada bidang kepakarannya.
  2. meningkatkan kemampuan meneliti dosen-dosen Akademi Maritim “Djadajat”.
  3. meningkatkan mutu penelitian dan publikasi Akademi Maritim “Djadajat” supaya sejajar dengan kualitas nasional maupun internasional.

Target (sasaran) / (output) Luaran

Selain laporan penelitian sebagai kelengkapan pelaksanaan penelitian, target/luaran yang diharapkan dari Program Dosen Peneliti ini adalah:

  1. Buku yang siap diterbitkan atau satu paket bahan ajar perkuliahan yang siap diimplementasikan pada semester berikutnya
  2. Satu buah naskah artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal nasional terakreditasi atau satu buah naskah artikel yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi (ditunjukkan dengan bukti penerimaan naskah artikel pada jurnal yang dituju)